Minggu, 18 Maret 2018

Sekilas Tentang Microsft Word

Sejarah MS.WORD

     Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft. Microsoft Word pertama kali diperkenalkan pada dunia di tanggal 25 Oktober 1983. Waktu itu, nama yang dimilikinya bukanlah Microsoft Word, melainkan Multi-Tool Word. Di awal perilisannya, Multi-Tool Word hanya bisa digunakan untuk sistem Xenix, karena waktu itu belum ada Microsoft Windows.

     Di tahun-tahun berikutnya, seiring dengan perkembangan teknologi, Multi-Tool Word dikembangkan agar bisa digunakan oleh sejumlah platform lainnya, seperti komputer IBM, Apple Macintosh, komputer AT&T Unix, Atari ST, OS/2, SCO Unix dan macOS. Perangkat lunak ini baru bisa digunakan untuk Microsoft Windows di tahun 1989.
Di tahun 1981, Microsoft mempekerjakan Charles Simonyi, pengembang Bravo, perangkat lunak pengolah kata pertama yang ada di dunia. Simonyi mulai mengerjakan pengolah kata bernama Multi-Tool Word dibantu oleh Richard Brodie, bekas pegawai Xerox. Brodie menjadi pengembang utama Multi-Word Tool di tahun-tahun berikutnya.

     Microsoft merilis Multi-Tool Word untuk perangkat Xenix dan MS-DOS di tahun 1983. Nama ini kemudian disederhanakan menjadi Microsoft Word. Tak seperti kebanyakan program MS-DOS lainnya saat itu, Microsoft Word didesain untuk digunakan dengan mouse. Kemampuan Word pada saat itu terbatas hanya pada kemampuan untuk melakukan undo, display teks bold, italic dan underlined atau dengan garis bawah.
Word dengan cepat mengalahkan perangkat lunak pengolah kata lainnya, WordStar, karena memiliki tampilan yang sangat berbeda. Tahun demi tahun Microsoft terus menyempurnakan Word dengan merilis versi 2.0 hingga 5.0 hanya dalam kurun waktu enam tahun saja. Di tahun 1985, Microsoft merilis Word yang bisa digunakan untuk perangkat Mac OS. Sejak dirilis untuk perangkat Mac OS, penjualan untuk Mac OS lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan di perangkat MS-DOS selama kurang lebih empat tahun.



I. PENGENALAN  DAN DASAR-DASAR WORD FOR WINDOWS

A. Fungsi Pada Menu Home

  • Paste (Ctrl+V), untuk menampilkan hasil dari copy atau cut.
  • Cut (Ctrl+X), untuk memindahkan teks atau gambar.
  • Copy (Ctrl+C), untuk menduplikat atau menggandakan teks atau gambar.
  • Format Painter (Ctrl+Shift+C, Ctrl+Shift+V), untuk menduplikat format teks
  • Bold (Ctrl+B), untuk menebalkan teks.
  • Italic (Ctrl+I),untuk memiringkan teks.
  • Underline (Ctrl+U), untuk mengaris bawahi teks.
  • Striketrough, untuk memberi garis tengah pada teks.
  • Subscript (Ctrl+=), untuk mengubah huruf menjadi lebih kecil di bawah garis teks.
  • Superscript (Ctrl+Shift++), untuk mengubah huruf menjadi lebih kecil diatas garis teks.
  • Text Effects and Typoghraphy, untuk memberikan efek pada teks.
  • Text Highlight Color, untuk menandai huruf dengan warna background.
  • Font Color, untuk memberi warna pada huruf.
  • Align Left (Ctrl+L), untuk meratakan paragraph ke kiri.
  • Center (Ctrl+E), untuk meratakan paragraph ke tengah.
  • Align Right (Ctrl+R), untuk meratakan paragraph ke kanan.
  • Justify (Ctrl+J), untuk meratakan paragraph kiri dan kanan.
  • Line and Paragraph Spacing, untuk memberikan spasi paragraph.
  • Shading, untuk memberikan warna background pada area yang diblok atau ditandai.
  • Borders, untuk memberikan bingkai.
  • Normal, salah satu bentuk styles yang biasanya paling umum digunakan.
  • No Spacing, salah satu bentuk styles.
  • Heading 1, salah satu bentuk styles.
  • Heading 2, salah satu bentuk styles.
  • Title, salah satu bentuk styles yang biasanya paling banyak digunakan untuk judul.
  • More, jika ingin menggunakan bentuk styles yang lain atau masih banyak bentuk-bentuk styles.
  • Select, untuk memilih teks dengan format atau objek tertentu yang berada di belakang teks.
  • Replace (Ctrl+H), untuk mengganti kata yang lebih dari satu dalam dokumen.
  • Find (Ctrl+F), untuk mencari teks di dalam dokumen.
  • Show/Hide (Ctrl+*), untuk menunjukkan tanda paragraph dan symbol format yang tersembunyi, ini berfungsi untuk tata letak tugas lanjutan.
  • Short, untuk mengatur data dalam table.
  • Increase Indent, untuk memberikan tab ke kiri.
  • Decrease Indent, untuk memberikan tab ke kanan.
  • Multilevel List, untuk memberikan format bullet dan numbering secara bertingkat.
  • Numbering, untuk memberikan format nomor pada kalimat.
  • Bullets, untuk memberikan sub point atau bullets pada kalimat.
  • Clear All Formatting, untuk menghapus semua format atau menjadi normal seperti awal.
  • Change Case, untuk mengganti format kalimat. Misal dari huruf kecil menjadi huruf capital dsb.
  • Decrease Font Size (Ctrl+<), untuk mengecilkan ukuran huruf.
  • Increase Font Size (Ctrl+>), untuk memperbesar ukuran huruf.
  • Font Size (Ctrl+Shift+P), untuk mengatur ukuran huruf yang akan digunakan.
  • Font (Ctrl+Shift+F), untuk memilih jenis huruf.

B. Fungsi Pada Menu Insert


  • Paste (Ctrl+V), untuk menampilkan hasil dari copy atau cut.
  • Cut (Ctrl+X), untuk memindahkan teks atau gambar.
  • Copy (Ctrl+C), untuk menduplikat atau menggandakan teks atau gambar.
  • Format Painter (Ctrl+Shift+C, Ctrl+Shift+V), untuk menduplikat format teks
  • Bold (Ctrl+B), untuk menebalkan teks.
  • Italic (Ctrl+I),untuk memiringkan teks.
  • Underline (Ctrl+U), untuk mengaris bawahi teks.
  • Striketrough, untuk memberi garis tengah pada teks.
  • Subscript (Ctrl+=), untuk mengubah huruf menjadi lebih kecil di bawah garis teks.
  • Superscript (Ctrl+Shift++), untuk mengubah huruf menjadi lebih kecil diatas garis teks.
  • Text Effects and Typoghraphy, untuk memberikan efek pada teks.
  • Text Highlight Color, untuk menandai huruf dengan warna background.
  • Font Color, untuk memberi warna pada huruf.
  • Align Left (Ctrl+L), untuk meratakan paragraph ke kiri.
  • Center (Ctrl+E), untuk meratakan paragraph ke tengah.
  • Align Right (Ctrl+R), untuk meratakan paragraph ke kanan.
  • Justify (Ctrl+J), untuk meratakan paragraph kiri dan kanan.
  • Line and Paragraph Spacing, untuk memberikan spasi paragraph.
  • Shading, untuk memberikan warna background pada area yang diblok atau ditandai.
  • Borders, untuk memberikan bingkai.
  • Normal, salah satu bentuk styles yang biasanya paling umum digunakan.
  • No Spacing, salah satu bentuk styles.
  • Heading 1, salah satu bentuk styles.
  • Heading 2, salah satu bentuk styles.
  • Title, salah satu bentuk styles yang biasanya paling banyak digunakan untuk judul.
  • More, jika ingin menggunakan bentuk styles yang lain atau masih banyak bentuk-bentuk styles.
  • Select, untuk memilih teks dengan format atau objek tertentu yang berada di belakang teks.
  • Replace (Ctrl+H), untuk mengganti kata yang lebih dari satu dalam dokumen.
  • Find (Ctrl+F), untuk mencari teks di dalam dokumen.
  • Show/Hide (Ctrl+*), untuk menunjukkan tanda paragraph dan symbol format yang tersembunyi, ini berfungsi untuk tata letak tugas lanjutan.
  • Short, untuk mengatur data dalam table.
  • Increase Indent, untuk memberikan tab ke kiri.
  • Decrease Indent, untuk memberikan tab ke kanan.
  • Multilevel List, untuk memberikan format bullet dan numbering secara bertingkat.
  • Numbering, untuk memberikan format nomor pada kalimat.
  • Bullets, untuk memberikan sub point atau bullets pada kalimat.
  • Clear All Formatting, untuk menghapus semua format atau menjadi normal seperti awal.
  • Change Case, untuk mengganti format kalimat. Misal dari huruf kecil menjadi huruf capital dsb.
  • Decrease Font Size (Ctrl+<), untuk mengecilkan ukuran huruf.
  • Increase Font Size (Ctrl+>), untuk memperbesar ukuran huruf.
  • Font Size (Ctrl+Shift+P), untuk mengatur ukuran huruf yang akan digunakan.
  • Font (Ctrl+Shift+F), untuk memilih jenis huruf.
Kemudian masih ada beberapa fungsi pada menu menu di tab microsoft, diantaranya ada Design, View, Page Layout dsb. Masing-masing menu di atas memiliki berbagai macam fungsi lagi di dalamnya. 

II. PEMBUATAN
DOKUMEN

A.Membuat dokumen baru MS-Word
Berikut ini saya akan menjelaskan 5 langkah langkah untuk membuat Dokumen baru pada MS-Word:
1.    Langkah pertama adalah klik menu FILE  yang terdapat pada menu bar seperti gambar dibawah ini
2.    Lalu klik New
3.    Setelah itu akan tampak beberapa pilihan beberapa template dokumen dan blank document
4.    Jika anda ingin membuka dokumen baru dengan tampilan yang kosong anda dapat memilih Blank Document, atau jika ingin menggunakan template yang sudah ada anda tinggal memilih template yang sesuai dengan keinginan anda

Sekian Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar