Senin, 09 April 2018

PENGENALAN MS EXCEL

1.     Menu Bar
Menu Bar berguna untuk menjalankan suatu perintah. Menu bar pada Microsoft Office Excel antara lain :
a.      File
b.      Home
c.       Insert
d.      Page layout
e.       Formulas
f.        Data
g.      Review
h.      View
2.      Status Bar
Status Bar mempunyai dua area utama, yaitu Message Area pada bagian kiri dan kotak indikator pada bagian kanan. Ready merupakan pertanda bahwa Excel siap menerima perintah, sedangkan NUM mengindikasikan bahwa fungsi tombol-tombol angka pada bagian keypad di papan keyboard dalam kondisi aktif.
3.      Title Bar
Title bar merupakan bagian yang berada paling atas lembar Excel. Dalam title bar terdapat beberapa komponen, antara lain :
a.       Ikon Control Menu
b.      Restore, untuk mengatur ukuran layar dalam ukuran yang relatif.
c.       Move, untuk memindahkan posisi layar jendela ke posisi lain.
d.      Size, mengatur ukuran layar jendela Excel.
e.       Minimize, menampilkan jendela Excel ke ukuran minimal dalam bentuk ikon.
f.        Maximize, menampilkan jendela Excel ke ukuran maksimal, yaitu memenuhi layar.
g.      Close, untuk keluar dari aplikasi Excel.
4.      Formula Bar
Formula bar berfungsi untuk memasukkan, memperbaiki, dan juga dapat menampilkan data atau rumus pada sel yang sedang aktif. Untuk memperbaiki data atau rumus adalah dengan cara mengklik atau menekan tombol F2.
5.      Petunjuk Sel (Cell Pointer)
Untuk memindahkan penunjuk sel ke posisi yang baru dapat digunakan bantuan mouse maupun keyboard. Dengan mouse kita dapat leluasa memindahkan posisi penunjuk sel dengan mengarahkan pointer ke sel yang dituju.

Membuat Rumus pada Microsoft Excel
1.     SUM
Menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel D1 sampai  D10, rumus yang dituliskan adalah :  
"=D1+D2+D3+D4+D5+D6+D7+D8+D9+D10". 
 Akan lebih mudah jika menggunakan fungsi SUM, dengan menuliskan "=SUM(D1:D10)".
2.      AVERAGE
Letakkan kursor ke baris nilai rata-rata kemudian ketikkan rumus =AVERAGE(C2:C11) lalu enter. Untuk memasukkan data dengan mudah, setelah rumus =AVERAGE(, tandai seluruh data dari kolom C baris 2 sampai baris 11 kemudian beri tanda tutup kurung dan tekan enter.
3.      MAX
Pada rumus Excel cara penulisan fungssi MAX adalah sebagai berikut : =
MAX(Angka1; [Angka2]; …)

Keterangan Syntax :
·         Angka1 : Merupakan sekumpulan angka, nama range, array, atau referensi sel yang berisi angka-angka yang kita ingin cari nilai tertinggi atau maksimumnya.
·         [Angka2], ... : (Opsional) Angka, nama range, array atau referensi sel lain yang akan kita ikutkan untuk dicari nilai paling terbesarnya. Maksimal kita bisa menambahkan sampai 255 argumen pada fungsi Max ini.
4.       MIN
Pada Microsoft Office Excel,penulisan rumus dapat di tulis dengan :
=MIN(Angka1;[Angka2];…)
Keterangan Syntax :
·         Angka1 merupakan sekumpulan angka,nama range, array, atau referensi sel yang berisi angka-angka yang kita ingin cari nilai terendah atau nilai terkecil nya.
·         Angka2 (pilihan) angka,nama range,array,atau referensi sel lain yang akan kita ikutkan untuk di cari nilai terkecil nya. Maksimal kita bisa menambahkan hingga 255 argumen pada fungsi Min ini.

Fungsi HLOOKUP di tulis dengan cara memasukkan rumus =HLOOKUP karena itu rumus fungsi HLOOKUP.Kemudian disertai tanda kurung yang diawali lokasi data yang sama. Kemudian disertai dengan sorotan table yang memiliki data yang sama dengan data yang masih kosong pada tabel utama. Kemudian,pilih lokasi dimana data yang akan diambil. Misal pada tabel 2, maka pilih 2, setelah itu  masukkan TRUE agar nilai bernlai benar.



7.                  Fungsi STRING
Fungsi ini digunakan untuk memanipulasi data string. Ada beberapa fungsi string : fungsi LEFT, RIGHT, MID dan Fungsi LEN.
a.                       Fungsi LEFT (...)
Fungsi left digunakan untuk mengambil karakter dari bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisannya adalah :
=LEFT(text,num_chars)
Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kiri, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil. Lihat rumus pada Gambar 2.31
b.                  Fungsi MID
Fungsi ini digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah dari suatu teks. Bentuk umum pemakaian fungsi ini adalah:
=MID(text,start_num,num_chart)
Artinya mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num, sebanyak num_char. Untuk lebih jelasnya lihat rumus pada Gambar 2.31
c.                   Fungsi RIGHT
Fungsi ini merupakan kebalikan dari fungsi left, jika fungsi left mengambil sejumlah karakter dari sebelah kiri, maka fungsi mengambil sejumlah karakter dari sebelah kanan teks. Bentuk umum penulisannya adalah :
=RIGHT(text,[num_chars])
Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kanan, num_chars adalah julah karakter yang akan diambil. Lihat rumus pada Gambar 2.31
d.                                Fungsi LEN
Fungsi ini digunakan untuk menghitung panjang karakter. Lihat rumus pada Gambar 2.31

Tidak ada komentar:

Posting Komentar