Senin, 23 April 2018

Database pada Excel


Konsep dasar database adalah kumpulan dari catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah database memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur database.Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah yaitu mewakili semua informasi dalam bentuk tabel yang saling berhubungan.

Membuat database menggunakan Microsoft Office Excel


Langkah – langkah yang harus dilakukan adalah  :

1.  Klik tanda panah kecil pada ribbon di atas sebelah kiri Microsoft Office Excel,lalu pilihlah More Commands
2.  Setelah muncul kotak Excel Options lalu ubah pengaturan Popular Commands menjadi Commands Not in the Ribbons
3.  Kemudian pilihlah Form lalu klik tombol Add>> untuk menambahkan icon pada ribbon 
4.  Kemudian akan muncul pada menu Home  tombol form yang dimana akan di gunakan untuk membuat form pada database yang akan di buat
5. Sorot tabel yang akan di gunakan untuk pembuatan database,lalu klik ikon form. Setelah itu,maka isi dengan data yang akan di isi pada database
6. Kemudian,untuk memasukkan data maka pilih New Record dimana akan muncul permintaan untuk pengisian data. Lalu,isilah data pada database sesuai kebutuhan.
7. Setelah semua data di input maka selanjutnya adalah mengubah tampilan agar lebih baik lagi dengan cara memilih kolom yang akan di edit lalu klik kanan pada mouse dan pilih Column Width untuk mengubah ukuran lebar
8. Setelah mengubah ukuran dan memperbagus tampilan,maka database sudah siap di pakai
  9. Kemudian jika ingin melakukan editing pada data hanya perlu blok tabel dan klik pada menu form dan pilih criteria dan silahkan mengedit data sesuai kebutuhan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar